Sejarah Singkat nan Panjang dari Photoshop || Photoshop | Sejarah ||

Assalam mu'alaiku wr.. wb..

hai sobat DM, apa kabar nya? udah pada tau gk sih sejarah awal photoshop itu?

pasti rata-rata belum tau kan? pasti sobat DM menyangka pada awalnya Photoshop itu buatan perusahan besar yang ada di eropa, atau mungkin cuma tau photoshop sekedar untuk photo editing,
nah untuk agar sobat DM gk makin tersesat dengan sejarah awalnya photoshop ini, yuk simak penjelasan singkat awal berdirinya Photoshop yang DM persebahkan spesial hanya untuk sobat semua, berikut penjelasannya :

Pada awalnya pembuatan Photoshop ini berawal dari inovasi seorang mahasiswa PhD bernama Thomas Knoll dari Universitas Michigan. Tepatnya pada di tahun 1987-an, dia memulai dengan penggarapan sebuah program hanya untuk sistem operasi Macintosh Plus saja, untuk menampilkan gambar grayscale di layar monokrom. Namun tanpa disangka, saudara Thomas Knoll yaitu John Knoll sendiri yang justru tertarik dengan program hasil buatan Thomas Knoll ini. John Knoll yang kala itu menjadi pegawai di Industrial Light & Magic menyarankan kepada saudaranya agar ia merubah program hasil inovasinya menjadi program komputer penyuntingan (editing) gambar. pada tahun 1987-an memang masih jarang ada program komputer untuk editing gambar seperti saat ini . Alhasil, Knoll bersaudara akhirnya berhasil menciptakan sebuah program penyuntingan gambar dan diberi nama ImagePro. Namun Knoll tidak ada penjelasan mengapa program ImagePro tersebut akhirnya berubah dengan nama Photoshop yang kita kenal saat ini.

Setelah Photoshop jadi dan siap pakai, Thomas kemudian bekerja sama dengan produsen scanner bernama Barneyscan guna menjadi distributor salinan program tersebut. Kabarnya ada sekitar 200 salinan (copy) program Photoshop yang sudah dikirim dengan bantuan scanner. Namun John Knoll tidak hanya diam saja, ia mulai berani untuk memperkenalkan program Photoshop-nya kepada publik dan perusahaan besar, salah satun perusahaannya adalah Apple Computer, Inc serta Adobe (perusahaan perangkat lunak dibidang grafis, animasi dan video). Usahanya tidakalah sia-sia program Photoshop buatannya ini, membuat Adobe tertarik untuk bekerja sama mengembangkan Photoshop, dan akhirnya pada bulan September di tahun 1988-an Adobe resmi membeli lisensi guna menjadi distributor Photoshop. Secara resmi pula, Photoshop 1.0 dirilis pada bulan Februari 1990-an untuk komputer Apple dengan sistem operasi Macintosh.

Pada awalnya Photoshop  1.0 hanya dirancang hanya untuk menyunting gambar dari cetakan berbasis-kertas hasil dari scan. Berbeda dengan Photoshop yang kita kenal saat ini yang lebih sering digunakan untuk editing gambar digital langsung, atau membuat desai cover, painting dan editing laiinya. Photoshop 1.0 pada saat itu dibuat dengan sangat sederhana sekali, sedikit tool dan sedikit fitur. Menu utaman Photoshop saat itu hanyalah File, Edit, Mode, Image, Select dan Windows, tidak tersedia menu Filter apalagi plug-in. Sedangkan untuk tool pada toolbox hanya ada Lasso Tool, Rectangular Marquee Tool, Hand Tool, Eliptical Marquee Tool, Magic Wand Tool, Crop, Horizontal Type Tool, Clone Stamp, Erase, Blur Tool, Patch Tool, Smugde Tool dan beberapa tool lain yang ada saat ini.

Setelah pengembangan Photoshop 1.0, Adobe terus melanjutkan seri program ini. Sebagai penerus 1.0, hadirlah Photoshop 2.0 dan seterusnya. Berikut ini daftar versi Photoshop dan beberapa perubahannya:

  • Photoshop 2.0, rilis bulan Juni 1991dengan tambahan fitur Paths, CMYK Color dan EPS Rasterization.
  • Photoshop 2.5, rilis bulan November 1992 dengan tambahan fitur dukungan 16 bit per channel dan tersedia edisi Deluxe pada media CD Rom. Pada versi inilah Photoshop mulai disediakan bagi OS Microsoft Windows.
  • Photoshop 3.0, rilis bulan September 1994 dengan tamabahan fitur Tabbed Palettes dan Layers.
  • Photoshop 4.0, rilis bulan November 1996 dengan tambahan fitur Adjustment Layer serta Action.
  • Photoshop 5.0, rilis bulan Mei 1998 dengan tambahan fitur Editable type, Magnetic Lasso tool, Color Management dan History Palette.
  • Photoshop 5.5, rilis bulan Februari 1999 dengan tambahan fitur penyimpanan untuk web, Extract, dan paket pembelian dengan ImageReady.
  • Photoshop 6.0, rilis bulan September 2000 dengan fitur tambahan Vector Shapes, Layer styles, dan "Liquify" filter.
  • Photoshop 7.0, rilis bulan Marey 2002 dengan fitur tambahan Healing Brush, painting engine baru, serta pembuatan text fully vector.
  • Photoshop 7.0.1, rilis bulan Agustus 2002 dengan fitur tambahan Camera RAW 1.x. I
dan inilah versi tertakhir Photoshop sebelum keluarnya edisi Photoshop Creative Suite atau yang dikenal dengan sebutan Photoshop CS.
Pada Photoshop Creative Suite atau CS ini memiliki perbedaan yang cukup banyak terutama dari fiturnya. Selain itu Adobe juga telah menghilangkan logo mata Photshop yang sebelumnya ada, sehingga kini dipresentasikan dalam bentuk logo yang berbeda-beda. Namun setidaknya sejak versi terakhir dan Photshop CS, Adobe masih menggunakan bulu sebagai ikon serta bentuk identifikasinya. Beberapa fitur-fitur canggih yang dimiliki Photoshop versi CS diantaranya adalah Real-Time Histogram, Lens Blur filter, Camera RAW 3.x, Spot healing brush, Image Warp, Lens Correction filter, Black-and-white conversion adjustment, dukungan HDR, Smoother panning dan Zooming, Adjustments panel, Extended depth of field, Camera Shake Reduction dan masih sangat banyak lagi yang lainnya..
nah itu lah, sejarah singkat nan panjang dari Photoshop yang kita kenal sekarang ini di tahun 2015-an, mungkin setelah ini Photoshop akan membuat fitur yang lebih canggih lagi dari yang sekarang ini, kita tidak tahu seperti apa, yang jelas tunggu saja, apakah CS ini menjadi versi terakhir dari Creative Suite atau akan dibuat CS yg lebih tinggi lagi dari yang saat ini..

Terimakasih sobat DM, telah membaca sejarah Photohop ini..
Wassalam mu'alaikum wr.. wb..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat nan Panjang dari Photoshop || Photoshop | Sejarah ||"

Post a Comment