Assalam mu'alaikum wr..wb..
hai sobat DM apa kabar, pada postingan kali ini DM akan membuat tutorial dasar dari modeling hingga texturing, objek yang akan kita bikin sangat simple kita akan membuat modeling ikan yang sederhana dan juga texture ikannya sehingga ikan tersebut lebih kelihatan seperti ikan.
Perisapan :
pertama kali jangan lupa mendowload gambar ikan (bluprint) yang tentu gambar nya kelihatan dari samping (view right/left)
Belnder 3D
Shorcut yang akan digunakan :
G = Grab (untuk menggeser)
B = Selection mode (untuk mengseleksi)
A = Selection All/ Unselection All (menhilangkan atau mengseleksi semuanya sekali gus)
S = Scale (mengatur/mengubah sekala menjadi besar dan kecil)
X = Delete (menghapus, vertex, face, dll)
Z = Wireframe (view keseluruhan objek, tranparant)
Tab = Edit mode/object mode
Ctrl+Tab = mesh slection mode (memilih seleksi yg diinginkan/digunakan)
Shift+Space = fullscreen/unfullscreen
N = tool bar view
T = tool bar transform
Note :
ikuti semua step by step nya, proses dari pembuatan modelling ikan ini, jangan meloncat pada step yang lain,
# buka file baru blender, setelah itu ubah viewport dari perspective menjadi right dengan menekan angka
3 pada numpad, lalu tekan angka 5 untuk mengubahnya menjadi ortho.
# Selanjutnya tekan N pada keyboard sehingga muncul properties pada viewport, scroll kebawah lalu temukan Checklist background images ,
kemudian pilih add image.
- Browse file gambar ikan
- Ubah nilai size menjadi 1.000
- Pada tab axis , ubah allviews menjadi right sehingga blueprint hanya muncul pada viewport right saja.
lihat pada gambar dibawah ini
# klik cube yang sudah ada (jika belum ada
silahkan tekan Shift+A lalu add mesh - pilih Cube)
# posisikan cube berada di
tengah-tengah gambar lalu ubah viewport menjadi front
dengan menekan angka 1 , seleksi cube lalu tekan tab , kemudian tekan ctrl+R
untuk subdivide menambah segment sehingga muncul garis berwarna merah muda, klik lalu posisikan
berada di tengah2 lalu klik sekali lagi untuk melepas.
lihat pada gambar berikut:
# tekan ctrl+tab lalu ubah mode
edit ke vertex mode, selanjutnya seleksi vertex bagian kiri dengan menekan B, lalu hapus dengan
menekan x kemudian pilih vertices, artinya menghapus bagian vertex.
obejek akan menjadi seperti ini :
# Langkah selanjutnya adalah menggeser vertex bagian
kanan searah sumbu -x untuk membentuk pipih
# pilih vertex bagian bawah kemudian geser ke arah sumbu
z , lakukan pada vertex bagian atas dengan menggesernya juga ke arah bawah,
seperti pada gambar.
# Buatlah potongan segmen / subdivide di tengah objek
cube dengan menekan Ctrl+R
# lalu pilih vertex bagian samping
kanan kemudian geser ke arah sumbu x
Note : Didalam modelling ini kita hanya membuat bagian samping aja, dan samping sebelahnya kita akan menggunakan mirror, fungsi mirror ini sendiri adalah agar setiap sisi samping kiri dan kanan menjadi sama,
jangan lupa mengaktifkan Clipping pada Mirror mode,
# bagian kiri kita akan berikan
modifier mirror, sehingga objek yang
dihasilkan sama persis/persisi. caranya lihat pada gambar dibawah ini
# kita ubah kembali viewport menjadi Right dengan cara menekan
angka 3 pada numpad, gunakan / tekan tombol Z untuk mengubah mode menjadi wire/
solid sesuai kebutuhan.
# kemudian geser vertex bagian kiri ke arah kepala,
# lalu geser vertex bagian kanan tepat
pada bagian tengah
# masih dalam keadaan terseleksi vertex bagian kanan,
lakukan extrude dengan cara menekan E pada keyboard, kemudian posisikan sampai
ke arah ekor, lalu sekalakan dengan menekan S . tidak lupa pula lakukan
penambahan segmen/subdivide dengan Ctrl-R pada bagian depan/kepala dan bagian
belakang.
# Grab/posisikan vertex bagian atas mengikuti bentuk
dari tubuh ikan
# lakukan penambahan segmen dengan subdivide/ extrude
sesuai kebutuhan (tidak ada batas maksimal) kemudian bentuk menyerupai blue
print yang ada.
# Jika bagian ekor selesai lanjutkan pada bagian kepala,
kita akan coba membuat mulut dan slot mata.
# Lakukan pengecekan dengan cara merotasi viewport
dengan mengklik + Tahan scroll mouse, jika masih ada vertex yang belum
terhubung/ membuka, geser ke arah sumbu x sehingga bertemu dengan object miror
# Selanjutnya extrude pada bagian mulut, posisikan
seperti pada gambar.
# untuk membuat bagian mulut, extrude secara terpisah,
anda bisa mengubah selecmode dari vertex menjadi polygon, pilih polygon, lalu
extrude masing-masing, mulut atas dan bawah.
# sekarang kita telah memiliki pola dasar dari apa yang
akan kita buat,
# periksa kembali model yang sudah dibuat, rotasikan
viewport untuk melihat bagian samping,
bila masih ada poligon tersisa anda harus menghapusnya dengan cara tekan
x / Delete pada keyboard lalu pilih faces.
# Selanjutnya kita akan membuat Slot mata, seleksi poligon
pada bagian kepala atas, lalu tekan E, kemudian sekala-kan kearah dalam,
sehingga kita memiliki pola seperti pada gambar.
# Subdivide tambah segment di bagian tengah dengan menekan Ctrl+R
# posisikan vertex membentuk n gon / segi enam, agar
slot mata menjadi bentuk lingkaran.
# Seleksi 2 polygon pada bagian mata, kemudian extrude
ke arah dalam, untuk membuat lubang pada mata
# Bila model sudah selesai, langkah selanjutnya adalah
memberikan modifier subdivision surface, pilih tab modifier panel lalu pilih
subdivision surface. sehingga objek menjadi halus,
dan untuk langkah ini sudah selesai, pada langkanh selanjutnya adalah memberi texture pada ikan ini..
Terimakasih teah berkunjung di sini..
mohon maaf apabila masih ada kekurangn dalam penyampaian tutorial basic modelling ikan ini, dan untuk tutorial texturing ikan akan dilanjutkan pada postingan kedua (Part 2)
mohon maaf apabila masih ada kekurangn dalam penyampaian tutorial basic modelling ikan ini, dan untuk tutorial texturing ikan akan dilanjutkan pada postingan kedua (Part 2)
Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta
Texture-nya || Blender 3D | Modelling | Texturing | Part 1 ||
Wassal mu'alaikum wr.. wb..
0 Response to "Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta Texture-nya || Blender 3D | Modelling | Texturing | Part 1 ||"
Post a Comment