Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta Texture-nya || Blender 3D | Modelling | Texturing | Part 1 ||

Assalam mu'alaikum wr..wb..
hai sobat DM apa kabar, pada postingan kali ini DM akan membuat tutorial dasar dari modeling hingga texturing, objek yang akan kita bikin sangat simple kita akan membuat modeling ikan yang sederhana dan juga texture ikannya sehingga ikan tersebut lebih kelihatan seperti ikan.

Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta Texture-nya


Perisapan :
pertama kali jangan lupa mendowload gambar ikan (bluprint) yang tentu gambar nya kelihatan dari samping (view right/left)
Belnder 3D

Shorcut yang akan digunakan :
G = Grab  (untuk menggeser)
B = Selection mode (untuk mengseleksi)
A =  Selection All/ Unselection All (menhilangkan atau mengseleksi semuanya sekali gus)
S = Scale (mengatur/mengubah sekala menjadi besar dan kecil)
X = Delete (menghapus, vertex, face, dll)
Z = Wireframe (view keseluruhan objek, tranparant)
Tab = Edit mode/object mode
Ctrl+Tab = mesh slection mode (memilih seleksi yg diinginkan/digunakan)
Shift+Space = fullscreen/unfullscreen
N = tool bar view
T = tool bar transform 

Note :
ikuti semua step by step nya, proses dari pembuatan modelling ikan ini, jangan meloncat pada step yang lain,


# buka file baru blender, setelah itu ubah viewport dari perspective menjadi right dengan menekan angka 3 pada numpad, lalu tekan angka 5 untuk mengubahnya menjadi ortho.



# Selanjutnya tekan N pada keyboard sehingga muncul properties pada viewport, scroll kebawah lalu temukan Checklist background images , kemudian pilih add image.
  • Browse file gambar ikan  
  • Ubah nilai size menjadi 1.000
  • Pada tab axis , ubah allviews menjadi right sehingga blueprint hanya muncul pada viewport right saja.

lihat pada gambar dibawah ini




# klik cube yang sudah ada (jika belum ada silahkan tekan Shift+A lalu add mesh - pilih Cube)
# posisikan cube berada di tengah-tengah gambar lalu ubah viewport menjadi front dengan menekan angka 1 , seleksi cube lalu tekan tab , kemudian tekan ctrl+R untuk subdivide menambah segment sehingga muncul garis berwarna merah muda, klik lalu posisikan berada di tengah2 lalu klik sekali lagi untuk melepas.

lihat pada gambar berikut:



# tekan ctrl+tab lalu ubah mode edit ke vertex mode, selanjutnya seleksi vertex bagian kiri dengan menekan B, lalu hapus dengan menekan x kemudian pilih vertices, artinya menghapus bagian vertex.


obejek akan menjadi seperti ini :



Langkah selanjutnya adalah menggeser vertex bagian kanan searah sumbu -x untuk membentuk pipih 


pilih vertex bagian bawah kemudian geser ke arah sumbu z , lakukan pada vertex bagian atas dengan menggesernya juga ke arah bawah, seperti pada gambar.


Buatlah potongan segmen / subdivide di tengah objek cube dengan menekan Ctrl+R


# lalu pilih vertex bagian samping kanan kemudian geser ke arah sumbu x


Note : Didalam modelling ini kita hanya membuat bagian samping aja, dan samping sebelahnya kita akan menggunakan mirror, fungsi mirror ini sendiri adalah agar setiap sisi samping kiri dan kanan menjadi sama, 
jangan lupa mengaktifkan Clipping pada Mirror mode,

# bagian kiri kita akan berikan modifier  mirror, sehingga objek yang dihasilkan sama persis/persisi. caranya lihat pada gambar dibawah ini


kita ubah kembali viewport menjadi Right dengan cara menekan angka 3 pada numpad, gunakan / tekan tombol Z untuk mengubah mode menjadi wire/ solid sesuai kebutuhan.


kemudian geser vertex bagian kiri ke arah kepala, 



# lalu geser vertex bagian kanan tepat pada bagian tengah


masih dalam keadaan terseleksi vertex bagian kanan, lakukan extrude dengan cara menekan E pada keyboard, kemudian posisikan sampai ke arah ekor, lalu sekalakan dengan menekan S . tidak lupa pula lakukan penambahan segmen/subdivide dengan Ctrl-R pada bagian depan/kepala dan bagian belakang.


Grab/posisikan vertex bagian atas mengikuti bentuk dari tubuh ikan 


lakukan penambahan segmen dengan subdivide/ extrude sesuai kebutuhan (tidak ada batas maksimal) kemudian bentuk menyerupai blue print yang ada.


Jika bagian ekor selesai lanjutkan pada bagian kepala, kita akan coba membuat mulut dan slot mata.


Lakukan pengecekan dengan cara merotasi viewport dengan mengklik + Tahan scroll mouse, jika masih ada vertex yang belum terhubung/ membuka, geser ke arah sumbu x sehingga bertemu dengan object miror


Selanjutnya extrude pada bagian mulut, posisikan seperti pada gambar.


untuk membuat bagian mulut, extrude secara terpisah, anda bisa mengubah selecmode dari vertex menjadi polygon, pilih polygon, lalu extrude masing-masing, mulut atas dan bawah.


sekarang kita telah memiliki pola dasar dari apa yang akan kita buat,
  

# periksa kembali model yang sudah dibuat, rotasikan viewport untuk melihat bagian samping,  bila masih ada poligon tersisa anda harus menghapusnya dengan cara tekan x / Delete pada keyboard lalu pilih faces.


Selanjutnya kita akan membuat Slot mata, seleksi poligon pada bagian kepala atas, lalu tekan E, kemudian sekala-kan kearah dalam, sehingga kita memiliki pola seperti pada gambar.


Subdivide tambah segment di bagian tengah dengan menekan Ctrl+R


posisikan vertex membentuk n gon / segi enam, agar slot mata menjadi bentuk lingkaran.

Seleksi 2 polygon pada bagian mata, kemudian extrude ke arah dalam, untuk membuat lubang pada mata


Bila model sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memberikan modifier subdivision surface, pilih tab modifier panel lalu pilih subdivision surface. sehingga objek menjadi halus, 





dan untuk langkah ini sudah selesai, pada langkanh selanjutnya adalah memberi texture pada ikan ini..
Terimakasih teah berkunjung di sini..
mohon maaf apabila masih ada kekurangn dalam penyampaian tutorial basic modelling ikan ini, dan untuk tutorial texturing ikan akan dilanjutkan pada postingan kedua (Part 2)

Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta 
Texture-nya ||  Blender 3D | Modelling | Texturing | Part 1 ||

Wassal mu'alaikum wr.. wb..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Basic Modelling Membuat Ikan beserta Texture-nya || Blender 3D | Modelling | Texturing | Part 1 ||"

Post a Comment