Tracing Foto || Menggunakan Corel X5

Assalam mu’alaikum para pencari ilmu (khususnya di dunia desain)
Nah kali ini ane akan mengajak agan – agan dan para sista untuk tracing fhoto..
sabelum lebih lanjut ane akan menjelaskan apa intu Tracing di dalam dunia desain



Pengertian Tracing

Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam dunia grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan menggunakan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik, namun ada juga yang biasa menggunakan Adobe PhotoShop. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain sebagainya.

Berbicara tracing, bukan pada tempatnya bila kita membahas tracing dalam konotasi sempit sebagai plagiat atau menjiplak mentah-mentah.Tak patut juga kita membahas apakah tracing termasuk dalam seni murni atau seni terpakai.

Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.

Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.

Proses pecah warna pada printing tekstil butuh tracing, menggambar motif pada kain batik butuh kemampuan tracing, sampai untuk masking airbrush sekalipun dibutuhkan kemampuan tracing.

Dari penjelasan yang singkat ini dapat  disimpulkan, Bahwa pengertian tracing tidaklah sesempit arti menjiplak seperti yang kita bayangkan.

Oke baik lah, setelah memahami apa itu tadi tracing dan bagai mana tehnik pembuatan nya, dan sekarang mari kita memulai cara pembuatannya

Cara tracing menggunakan Corel X5
1. Tentu saja kita akan membuka atau menjalankan programnya (corel X5, ane biasa pake corel X5 kalau agan dan sista mau pake corel versi lain juga boleh, karena secara tehnis sama aja, yang membedakan itu hanya tool dan tampilan).
2. Sediakan foto yang ingin di tracing, usahakan foto tersebut memiliki resolusi yang tinggi sehingga memudahkan dalam tracing foto














3. Cari warna kulit dan bibir di yang cocok di mbah google, atau bisa juga mengcopas warna kulit ini, namun kalau ingin membuat warna sendiri tidak masalah, karna semua tergantung dari imaginasi si pembuat..






















1.       4. Klik foto lalu zoom agar mudah untuk melihat effect posterize, setelah itu pilih Menu Effects>Transform>Posterize, seperti di gambar ini,


nah setelah itu maka akan mucul layar Posterize, naik-turunkan level sesuai dengan foto yang di buat 

NB: semakin rendah level nya maka akan semakin kelihatan Posterize nya namun sebaliknya nya semakin tinggi level nya makan semakin rendah Posterize nya lihat pada gambar berikut.

5. Dan setelah itu maka foto akan jadi seperti ini











1.      6.  Pada menu tool di sebelah samping kiri, pilih tool

tarikan garis di setiap warna yang terdapat pada foto yang telah di posterize, atau agan dan sista bisa menyesuaikan sendiri

7. setelah itu beri warna sesuai dengan foto atau sesuai dengan keinginan sendiri



















NB: apa bila pada saat pewarnaan yang ada di atas mala jadi di balik warna lain (tertimpa), maka jangan panik, dan membuat ulang cukup klik warna tersebut, lalu tekan Ctrl+PgDn (kebelakang atau bawah) atau Ctrl+PgUp (ke atas atau depan).

8. Untuk memilih warna yang ada di kotak gambar warna, pilih lalu pilih warna menggunakan tool yang akan di beri seperti warna aslinya, dan tuangkan langsung ke bagian yang akan diwarnai (yang telah di tracing), setelah semua proses tadi maka hasilnya akan seperti ini..
nah di sini adalah proses terakhir yang menuntukan hasil yang bagus.

9. Untuk menghilangkan warna garis hitamnya maka kita hanya perlu klik kanan pada pada menu Color disebalah kanan yang paling atas (lambang x didalam kotak) namun sebelum itu select semua gambar (blok) apa bila ingin menghilangkan keseluruhan warna garis tersebut, grup semua yang telah di select dengan cara klik kanan lalu grup atau dengan menekan Ctrl+G pada keyboard.

10. Dan setelah semua nya selesai langkah yang akhir untuk mepercantik dan mempertegas gambar, agan/sista hanya perlu membuat garis di bagian luar.

setelah itu jangan lupa disave dan di Export (Ctrl+E) untuk penyimpanan dalam bentuk gambar jadi, sebelum mengExport gambar select semua gambar yang tidak di butuhkan untuk gambar jadi dan delete, (agan/sista bisa mengembalikannya lagi setelah di Export dengan cara Tekan Ctrl+Z), Apa bila tidak di hapus/delete maka hasilnya akan seperti ini pada menu Export

Untuk memyimpan gambar dalam bentuk tanpa background putih maka centang transparency setelah itu ok, dan lihat hasil nya di folder yang kamu simpan





Sangat muda bukan, Selemat Mencoba … ^_^
Mohon maaf apabila tutorial yang deberi tidak memuaskan di dalam penjelasan nya, Terimakasih Sudah Mengunjungi dan belajar bersama di Blog saya

NB: Apabila anda ingin mengUpload ulang postingan ini jangan lupa beri sumber dari Tutorial ini, saya sangat senang apabila anda ingin mengUpload ulang postingan ini dan memberi sumber dari Postingan ini.. Terimaksih..

Semoga Bermanfaat..
Assalam mu’alaikum wr.. wb..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tracing Foto || Menggunakan Corel X5"

Post a Comment