Modeling cepat Menggunakan Teknik Sculpt Mode yang diawali Dengan Modeling Dasar

Assalam mu’alaikum Wr.. Wb…
Apa kabar teman-teman para pencari ilmu, dan tentunya masih di Berhubungan dengan Desain..
nah karena udah sebulan modem saya belum di isi kouta, jadi sebulan itu saya libur tidak pernah share lagi tentang desain..

Nah kali ini saya akan share tentang Tehnik Sculpt di Blender, sebelum kita semakin jauh ada baik nya kalo kita mengenal apa itu Sculpt,

Sculpt adalah tehnik memahat, pada awalnya memahat itu hanya di lakukan di dunia nyata, namun dengan berkembangnya teknologi di dunia IT, sculpt sekarang bisa dengan muda di lakukan di computer, atau yang sering di sebut sebagai digital sculpt, dan hasilnya pun sangat sempurna.
untuk Program Applikasi nya sendiri ada banyak, seperti  ZBrush, 3D MAX, Maya, Blender dan lain-lain.
namun untuk di sini saya lebih menggunakan 3D Blende, karena disini saya akan menggabungkan antara modeling dasar dan Sculpt, nah untuk teknik Sulpt  ini sendiri seharusnya menggunakan Computer yang spesifikasi yang tinggi, namun itu di kala kita menggunakan full sculpt, karena spesifikasi Laptob saya tidak mendukung jadi saya menggabungkan antara modeling dasar dengan sculpt dan hasilnya sangat memuaskan..

kegunaan Sculpt ini sangat membantu dalam proses membuat modeling dengan cepat, jadi buat kalian yang ingin modelling denga cepat gunakan lah cara seperti ini.

nah ok kita lanjut dengan mengenal tool-tool pada sculpt seperti ada pada gambar ini.











Pada tool-tool tersebut tidak semua nya yang saya gunakan, saya hanya menggunkan seperlunya saja, dan bisa yang saya gunkan itu seperti :
F Clay, F Crease, F Grab, dan F Smooth.
Selanjutnya mari kita memulai dengan modeling dasar,


 1. Buat modeling dasar yang kalian ingin kan, misalnya seperti membuat kepala manusia, contoh seperti ini..















NB : jangan lupa gunakan Miror dan Subdivisions Surface dan jika perlu Smooth.

 2.  Nah setelah modeling dasarnya terbentuk, selanjutnya kita beralih pada Sculpt Mode, bisa di pilih seperti pada gambar ini 













 3.  Lalu klik gambar/icon Brush untuk memilih brush yang akan di gunakan, setelah itu pilih lah F Smooth atau dengan menekan S  sebagai keyword nya,




















nah setelah itu atur radius dan strength nya atau bisa menekan F  untuk Radius-nya dan Shift+F untuk strength-nya.

















4. Setelah itu sapukan saja pada permukaan yang di inginkan, sperti Sudut-sudut yang masih berbentuk kotak atau persegi, dan hasilnya akan seperti ini..





 5.  Setelah kita mengunakan F Smooth nah selanjutnya kita akan mengunakan  F Grab tekan G  (untuk keyword nya) untuk memilih F Grab, selanjutnya tarik kedalam dan keluar, untuk mengatur radius dan strength-nya gunakan cara seperti tadi..





6. Nah setalah itu kembali lagi pada Edit Mode, untuk membuat mulutdan hidung nya kita perlu meng-extrude, nah buatlah sperti pada gambar ini, atau bisa juga menggunakan cara sendiri,




7.   Kalau sudah terbentuk bagian mulutnya dan hidung di Extrude kedepan seperti pada gambar, selanjutnya kita kembali lagi pada Sculpt Mode, gunakan cara seperti tadi yaitu dengan menggunkan F Smooth dan F Grab, tarik kedalam dan keluar, gosok pada bagian permukaan yang tidak rata atau yang tidak dinginkan, dan hasilnya akan seperti ini..




8.   Nah setelah itu, buat matanya, masih menggunakan cara yang sama yaitu dengan Extrude, lalu tarik kedalam, dan gunakan Sculpt Mode, dan setelah itu gunakan cara itu kembali, lagi dan lagi hingga terbentuk hasil yang dinginkan….





Nah Ini adalah beberapa hasil dari perpaduan  Sculpt Mode dan Modelling dasar yang saya bikin 























Ok cukup sampai disini dulu ya, lain kali saya akan share yang berhubungan dengan desain..

Terimkasi telah mengunjungi blog ini, maaf apabila banyak kekurangan dari artikel ini …

NB: Jangan Lupa meninggal kan jejak, Seperti like, share, komentar, dan juga Join di Blog ini, atau juga bisa ReUpload Postingan ini, namun jangan lupa beri sumbernya..

Wassalam mu’alaikum Wr.. Wb..

 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Modeling cepat Menggunakan Teknik Sculpt Mode yang diawali Dengan Modeling Dasar"

  1. Teknik sculpt nya bisa request yg model simpel om? Misal bikin jamur seperti di mario bros. Terima kasiiih :) happy blogging

    ReplyDelete
  2. Apa hasil sculptingnya dapat di gerakan?? Seperti membuat animasi dari karater sculpting.

    ReplyDelete
  3. Modeling Cepat Menggunakan Teknik Sculpt Mode Yang Diawali Dengan Modeling Dasar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Modeling Cepat Menggunakan Teknik Sculpt Mode Yang Diawali Dengan Modeling Dasar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Modeling Cepat Menggunakan Teknik Sculpt Mode Yang Diawali Dengan Modeling Dasar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete