Sejarah Singkat Flash atau yang di kenal dengan Adobe Flash || Sejarah Macromedia Flash ||

Assalam mu'alaikum 
hai sobat DM apa kabar semua..??
Nah pada postingan kali ini DM akan membahas, tentang sejarah mulanya Flash atau sekarang yang dikenal dengan Adobe flash itu dibuat.. dan tentu penjelasan singkat ini akan menambah wawasan dan pengatahuan sobat DM..




Flash merupakan salah satu produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati sekrang ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash ini juga menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.
Flash lahir dari tangan seseorang yang kreatif bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah.

Ditahun 1993-an ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash yang sekarang lebiah dikenal sebagai Adobe Flash. Dirahun 1995 SmartSketch merubah namanya menjadi CelAnimator. Menjelang akhir tahun 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan juga Fractal Designs.

Juli ditahun 1996 CelAnimator merubah namanya kembali menjadi FutureSplash Animator. Dan Produk inilah yang menimbulkan banyak minat di kalangan industri animasi. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash.

pada Desember tahun 1996, Macromedia yang sedang membuat permohonan  kepada Disney agar memakai Shockwave—plugin browser untuk produk animatornya bernama Director-approaching Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0.

Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi.
Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan tahun 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul pada April tahun 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG— Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik.

Flash 4 dan 5 menyusul ditahun 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Penetrasi browser terus meningkat hingga kini mencapai 96%. Player Flash telah tersedia untuk berbagai platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC. Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia.

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 terjadi pada April 16, tahun 2007 ) merupakan tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga pembuatan film animasi.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi atau mengambil ahli Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash yang kita sekrang ini.

Nah begitulah sejarah singkat tentang software Adobeflash yang kita kenal saat ini..
mungkin ada tambhan dari sobat DM tentang penjelsan AdobFlash bisa ditambahkan di kolom komentar.
Terimakasih telah berkunjung disini, Wassalam mu'alaikum wr.. wb..
jangan lupa meninggalkan jempolnya..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat Flash atau yang di kenal dengan Adobe Flash || Sejarah Macromedia Flash ||"

Post a Comment